06 September 2020

ANPEMSOS 2; ANALISIS SOSIAL - Dari Mata Turun Ke Hati Naik Ke Otak Jatuh ke Tangan

Ende, 6 September 2020

Setelah beberapa kali menggunakan metode membuat power point lalu menampilkannya dalam bentuk video sambil ngoceh sendirian di depan laptop. Saya mulai curiga, beberapa diantara anda, pasti sesak napas setiap kali mendengar ibu dosen ini bicara, karena when it comes to deadline dia jarang tawar-menawar atau berbasa-basi ---ya meskipun di depan mic suara guwe jadi kece badai-hah!

So, today, saya putuskan menulis surat untuk anda, biar bisa dibaca sambil ngopi, sambil ngeteh, sambil pilih biji mente atau sambil nampang, biar anda juga dikatai kece gais 😁. Tapi ingat!!! Tetap perhatikan prokol kesehatan yeesss 😊 

Dari Mata Turun Ke Hati Naik Ke Otak Jatuh Ke Tangan

Jadi, apa itu ANSOS??? 
Pertama-tama, ANSOS adalah singkatan dari Analisis Sosial, saat ini anda semua minimal sudah semester tiga, artinya anda semestinya sudah pernah mengikuti organisasi kemahasiswaan atau bahkan organisasi gerakan. Kalau anda ikut organisasi  maka pastinya; anda sudah paham bahkan sudah melakukan praktek-praktek ansos. 

ANSOS menurut Mahardika di dalam Makinuddin dapat dipahami sebagai:
 "Alat untuk mendapat gambaran yang lebih lengkap tentang situasi sosial, hubungan-hubungan struktural, kultural dan historis sehingga memungkinkan untuk menangkap dan memahami realitas yang sedang dihadapi" (Makinudin, 2006:37)

Dalam bahasa yang lebih sederhana; ansos adalah alat yang membantu anda untuk dapat memahami kondisi sosial/gejala sosial/masalah sosial yang terjadi dimanapun itu terutama di lingkungan sekitar anda!  

Ini artinya, kalau koki punya pisau, petani punya cangkul, nelayan punya jala, anda sebagai agen perubahan sosial harus punya ansos! Artinya lagi,,,, gak punya pacar gak apa-apa ya gais, yang penting punya ansos 😉 

Dalam trilogi Canon Joseph Cardijn, ansos digambarkan sebagai sebuah proses see, judge, act! Artinya ansos adalah sebuah proses berkelanjutan antara melihat (situasi sosial), mempertimbangkannya, kemudian merumuskan suatu tindakan aksi. 

Dengan demikian misalnya, anda akan melihat bahwa keluarga anda memiliki hasil panen kelapa berlimpah  tetapi anda dan keluarga lain disekitar anda masih menggunakan minyak goreng bimo** untuk keperluan sehari-hari. Maka, anda dapat mempertimbangkan bahwa kedaulatan anda, keluarga anda dan lingkungan sekitar anda kemungkinan sudah direnggut dari meja makan!!. Dengan demikian, anda dapat memutuskan untuk membangun kesadaran anda, keluarga anda dan masyarakat sekitar anda untuk merdeka dari meja makan. Memproduksi sendiri minyak goreng dan menggunakannya sendiri!

Demikianlah ansos merupakan sebuah proses dari mata turun ke hati naik ke otak dan jatuh ke tangan!!


Perhatikan gambar di bawah ini! Anda pasti tau ini lokasinya dimana, pergilah kesana (INGAT TETAP GUNAKAN PROTOKOL KESEHATAN) 

Kemudian laporkan kepada saya kondisi sosial/gejala sosial/masalah sosial APA YANG ANDA LIHAT-ANALISIS-REKOMENDASI  dalam bentuk komentar PER KELOMPOK (INGAT NOMOR KELOMPOK ANDA KAN?) sebutkan KELAS-NOMOR KELOMPOK anda SAAT KOMENTAR!


Catatan!
1. Komentar terkait MATERI PENGANTAR ANSOS disini, bukan ditempat lain
2. Sebutkan Kelas dan Nomor Kelompok saat anda komentar
3. Komentar paling lambat untuk semua kelas saya terima paling lambat pada hari Jumat 11 September 2020

Demikian!
Tabik!

13 komentar:

Unknown mengatakan...

Kelompok 7:
1. Rima
2. Jaimun
3. Ramu

Dari hasil pengamatan yang kami lakukan di taman Bung Karno, bahwa taman ini sangat luas. Dimana di tengah taman terdapat kolam air yang sangat panjang dan dikelilingi beberapa bangunan, seperti lukisan penjajahan di tembok, dan beberapa patung yang dibuat guna untuk memperindah taman.

Sekian laporan dari kelompok kami. Terima kasih

Unknown mengatakan...

Oke,
Trimaksih ibu
Senang baca tulisannya
Jadi smngat belajar ANSOS

Unknown mengatakan...

Terimakasih ibu🙏....saya ingin bertanya apakah selama kita kuliah tatap muka adakah praktek-praktek anpemsos yang terjadi didalam kelas?

Petronela Somi Kedan mengatakan...

Bagaimana keadaan sosial yang anda amati di taman tersebut kelompok 7 A2?

Yang perlu anda sampaikan pada komentar ini adalah bagaimana keadaan sosial di taman tersebut, bagaimana analisis anda dan bagaimana rekomendasi dari anda tentang apa yang sebaiknya di lakukan.

Ingat!! sebutkan kelas dan nomor kelompok anda supaya saya mudah identifikasi anda!

Unknown mengatakan...

Kelas : 3A3
No klmpk: kelompok 2
Nama : Helena Dongi

Menurut saya gejala sosial dan keadaan sosial yang terjadi di taman bung karno ini adalah dengan keadaan taman yang semakin indah dan di tata rapi banyak kalangan muda mendapat isnpirasi jika berada di taman ini. Orang orang yang masuk ke taman ini akan terasa nyaman . Sehingga banyak orang orang pergi kesana merasa tenang dan belajar banyak pengetahuan dan mendapatkan inspirasi..
Berawal dari mata orang melihat taman ini begitu indah dan orang menyukainya

Petronela Somi Kedan mengatakan...

Baik Kelompok 2 3A3 terimakasih atas tanggapannya, teman-teman yang lain dari kelas 3A2, 3A3 dan 3B masih dipersilahkan memberikan pengamatan sosial singkat anda disini!

Unknown mengatakan...

Kelas : 3A3 SOSIATRI
NAMA KELOMPOK 8 :
- SUSANA MEI MEDE
- SISILIA MAHARANI PAKE

Menurut kami, kondisi taman renungan bung karno saat ini cukup memprihatinkan, walaupun tamannya sangat luas namun banyak sekali sampah-sampah yang bertebaran baik di lantai taman, got-got maupun dikolam yang berada didekat Patung Soekarno. selain itu, berdasarkan yang kami lihat di taman ini hanya terdapat 1 buah tempat sampah saja dan juga kolam yang berada di dekat patung Soekarno tidak terawat secara baik sehingga dalam kolam tersebut banyak sekali lumut dan airnya yang sudah tidak bersih dan jernih lagi.

selain hal yang telah disebutkan diatas, taman renungan ini juga memiliki kelebihan, seperti terdapat Patung Soekarno dan beberapa patung Pahlawan lainnnya. Di Taman ini juga terdapat banyak pohon rindang yang membuat taman ini terasa sejuk sehingga pengunjung dapat menghirup udara segar yang berasal dari pohon-pohon ini. hal itulah yang menjadikan Taman Renungan Bung Karno banyak dikunjungi oleh masyarakat .

menurut kelompok kami, sebaiknya Pemerintah lebih memperhatikan kondisi Taman Bung Karno, agar Taman ini lebih tertata rapi dan lebih enak dipandang oleh pengunjung karena Taman Bung Karno merupakan salah satu tempat bersejarah yang dimiliki oleh Masyarakat Indonesia.

Unknown mengatakan...

Kelas : 3 A3 SOSIATRI
NAMA KELOMPOK 8 :
- SUSANA MEI MEDE
- SISILIA MAHARANI PAKE

Seperti yang sudah disampaikan oleh teman kelompok saya. saya akan menambahkan sedikit tentang kondisi taman renungan bung karno.
Di Taman Renungan Bung Karno banyak tempat pembakaran sampah yang ditemukan baik disudut maupun di tengah-tengah taman dan juga tembok pembatas yang berada disebelah bawah taman sudah rusak dan belum diperbaiki oleh pemerintah. selain itu juga terdapat tulisan-tulisan di bangku dan tembok-tembok taman.
menurut kami, sebaiknya Pemerintah segera mengatasi permasalahan tersebut dengan cara memperbanyak tong-tong sampah dan menyediakan 1 titik/tempat khusus untuk membakar sampah. kemudian diharapkan pemerintah segera memperbaiki tembok pembatas yang sudah rusak dan menanam kembali rumput-rumput taman karena berdasarkan yang kami lihat terdapat rumput-rumput yang sudah kering.

Isa mengatakan...

Kelas 3 B
Kelompok 4 :
1. Natalia isa
2. Dafrosa owa
3. Elisabeth Ndari.

Dari hasil kunjungan kami ke taman bung karno setelah kami mengamati keadaan di dalam taman kami menemukan beberapa hal di antaranya:
1. Pengunjung.
Pengunjung yang hadir di taman ini cukup banyak terutama di sore hari. Pengunjung yang datang melakukan beberapa aktifitas diantaranya duduk menikmati snack dan juga jajanan yang dibeli di depan jalan sebelum masuk ke dalam taman, ada juga yang berkunjung untuk berfoto,ada yang duduk cerita sambil menikmati jajanan dan kopi yang sengaja dibeli di depan jalan, ada yang duduk berkelompok seperti sedang mendiskusikan suatu hal,ada yang datang hanya untuk berjalan-jalan dan mengamati taman seperti yang kami lakukan saat ini dan juga ada yang duduk berdua memadu kasih dan cinta(pacaran).kegiatan ini dilakukan menyebar di dalam taman ada yang mendekati kolam di taman ini,ada yang di dalam lorong di taman, ada juga di atas bentangan kayu dan juga ada yg di tempat duduk yang sengaja di sediakan untuk duduk di dalam taman ini.
2. Taman.
Untuk taman sendiri kondisinya sangat memprihatinkan hal ini kami sampaikan karena banyaknya sampah yang ada di dalam taman ini ada smpah dedaunan dan juga sampah yang dibuang oleh para pengunjung.sampah yang berserakan membuat pemandangan di taman ini menjadi tidak indah lagi, selain sampah yang kami temukan di dalam taman kami juga mengamati kolam yang yang ada tempat di bawah patung bung karno.kondisi kolam itu sangat tidak terawat hal itu dikarenakan airnya yang keruh dan juga ada banyak sampah didalamnya dan lumut yang ada di dasar kolam tersebut. Memang sejenak jika kita mengamati dari kejauhan memang nampak bahwa patung bung karno yang ada di taman itu tampak indah dengan dihiasi kolam dibawahnya namun jika kita memperhatikan lebih dekat kolam itu tampak sangat jorok bahkan tidak layak disebut sebagai kolam lebih pantas di sebut selokan.

Dari pengamatan kami tersebut kami sangat mengharapkan kepada pihak pemerintah untuk bisa mengalokasikan tenaga yang bisa merawat,menjaga,membersihkan sekaligus juga pengontrol di dalam taman ini dan jika memungkinkan siapkan pos jaga dan keamanan di depan pintu masuk agar para pengunjung bisa di kontrol apalagi soal perilaku dan sopan santun mereka.hal ini kami sarankan bukan semata karena tidak memikirkan soal tanggung jawab pengunjung untuk menjaga tempat ini namun hal ini kami sarankan karena jika hanya dibuatkan himbauan untuk menjaga taman ini ataupun larangan untuk tidak membuat sampah atau merusak taman hal ini hanya sebagai angin lalu saja bagi para pengunjung karena bagi masyarakat kabupaten ende, merusak sesuatu yang indah menjadi suatu bakat yang luar biasa dan setelah dirusaki mereka akan mencari tempat yang baru yang lebih nyaman untuk bisa memulai aksi merusaki lagi.. Hal ini dikarenakan tidak ada kesadaran untuk menjaga yang sesuatu yang ada.

Kristina mengatakan...

Kelas : 3A3 Sosiatri
Nama kelompok 2 :
Maria Kristina Ugha
Ignasio Loyola Hia
Kasimirus Telu

Dalam hasil pengamatan kami kondisi taman Bung Karno saat ini sangat memprihatinkan dengan adanya sampah- sampah yang berserakan serta taman- taman yang tidak tertata rapi. Tempat pembuangan sampah juga tidak tetap bahkan untuk pembakaran sampahnya tidak pada satu tepat. Dibalik itu juga terdapat coretan- coretan kecil di dinding- dinding tembok serta meja- meja taman. Saluran pembuangan air juga tidak dibersihkan sehingga menimbulkan aroma yang tidak sedap. Ada juga para pengunjung yang datang berkunjung membuang sampah hasil cemilan disembarang tempat sehingga menimbulkan sampah berserakan.
Namun juga terdapat beberapa keindahan yang ada seperti taman,patung Bung Karno serta beberapa patung pahlawan.

Jadi,menurut kami sebaiknya pihak pemerintah lebih bertanggung jawab atas hal tersebut khususnya bagi para pengunjung agar lebih memperhatikan kebersihan dengan cara tidak membuang sampah disembarang tempat.

Titan Bani mengatakan...

Kelas 3B
Kelompok 1
Nama Kelompok:
1. Agnes Seo
2. Mersibel Since Bani
3. Mario Maximiliano Agusto Wio

Dari hasil pengamatan kelompok kami mengenai kondisi Taman Bung Karno ada beberapa hal yang kami temukan di sana:

A. Kondisi Sosial/Gejala Sosial yang ditemukan
1.Taman Renungan Bung Karno belum dilengkapi dengan fasilitas penunjang lainnya agar
dapat membangkitkan semangat nasionalisme bagi seluruh masyarakat Indonesia umumnya
dan masyarakat Kabupaten Ende khususnya.
2.Kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar Taman
Renungan Bung Karno
3.Kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjga kedisplinan dan ketertiban mengunjungi
tempat rekreasi Taman Renungan Bung Karno

B. Masalah Sosial yang ditemukan
1. Kurangnya pengetahuan masyarakat / pengunjung akan makna dan sejarah dari Taman
Renungan Bung Karno, sehingga masyarakat menganggap Taman Bung Karno sebagai taman
rekreasi yang biasa-biasa saja (menghabiskan waktu hanya untuk menikmati situasi dan
keadaan di taman tersebut)
2. Kotoran sampah terdapat di mana-mana di sekitar taman yang menyebabkan gangguan
kesehatan dan merusak pemandangan pada taman tersebut serta mengganggu kenyamanan
bagi para pengunjung lainnya
3. Ditemukan masyarakat atau pengunjung yang tidak disiplin terhadap waktu kunjungannya
sehingga menyebabkan dampak sosial lainnya (minuman mabuk, berbuat mesum dsbnya)

Rekomondasi dari kelompok kami:
1. Diharapkan pemerintah perlu menyediakan fasilitas pendukung lainnya dalam menyadarkan
masyarakat akan nilai-nilai sejarah dan perjuangan bangsa seperti bangunan ukiran
pancasila beserta lima sila pancasila, tulisan kisah perjuangan Bung Karno selama
berada di Ende, menyediakan perpustakaan dan laboratorium pancasila, sehingga taman
renungan Bung Karno juga menjadi tempat pendidikan kebangsaan bagi semua lapisan
masyarakat.
2. Diharapakan ada pihak pengelola Taman Renungan Bung Karno yang dipercayakan oleh
Pemberintah Daerah Kabupaten Ende untuk mengatur dan mengurus fasilitas destinasi wisata
ini agar terlihat elok, nyaman, damai, bersih, indah dan sehat. Selain itu tidak menutup
kemungkinan untuk melakukan tarif masuk yang berdampak peningkatan ekonomi sosial
masyarakat.

Unknown mengatakan...

TUGAS : ANALISIS DAN PEMETAAN SOSIAL
NAMA KELOMPOK :5 (LIMA)
1. DELANSIA NENA
2. FRANSISKA V MENGE
3. YUNITA WA,U
KELAS : 3 A2
Sesuai pengamatan dari kelompok kami kondisi taman bung karno, gejala sosial yang kami
temukan adalah banyak pengunjung yang tidak menyadari akan kebersiah lingkungan di
sekitar taman. sehingga taman tersebut terlihat kotor dan banyak masyrakat kurang meyadari
akan ketertiban yang ada ditaman tersebut. Sangat memperhatikan, padahal tempat tersebut
merupakan tempat bersejarah bagi bangsa indonesia. kami merasa sangat miris melihat taman
ini, taman yang berdampingan dengan pelabuahan ende itu. Tempat dimana soekarno di
asingkan oleh pemerintah kolonialisme belanda menjadi tempat yang digunakan presiden
pertama RI . Untuk merenungkan dan memikirkan dasar- dasar negara.jadi usulan kami bila
perlu taman bung karno ini,dapat dijadikan tempat pendidikanumumseperti membangun
perpustakaan atau laborturium yang brhubungan dengan laborturium pancasila.

Unknown mengatakan...

Kelas :3 A3
Kelompok 4
1.Lorentina Dogo
2.Imelda Sensia Misa
3.Martina Tunda



Dari hasil pengamatan kelompok kami,taman itu sangat luas.Tetapi melihat kondisi taman sekarang ini sangat memprihatinkan,karena banyak sampah bertebaran dimana-man,karena akibat pengunjung membuang sampah tidak pada tempatnya.Dan juga tempat sampah tidak tersedia.sehingga bisa dikatakan bahwa taman sangat tidak terurus lagi.
Banyak masyarakat yang tidak mengerti makna tempat bersejarah,jadi banyak yang salah fungsi tempat tersebut untuk hal-hal yang tidak wajar(mabuk dan berpacaran).

Usulan dari kami,sebaiknya pemerintah lebih memperhatikan kondisi taman.Mulai dari ketertiban taman dan kondisi mengenai fasilitas taman tersebut.Agar tidak disalah fungsikan dan lebih banyak pengujung lagi.