01 Mei 2016

Soekarno, Pantai dan Gunung Meja di Ende

Cukup lama waktu yang kusimpan untuk memendam semua yang ku lalui di sini dan menghabiskan sekali masa belajar melukis dengan cahaya dari kotak dslr ku, di Ende, sebuah kota kecil di Tengah Pulau Flores. Hebatnya orang Indonesia ketika tak dapat mendefinisikan sebuah tempat sebagai rural atau urban, kita menyebutnya kota kecil :)

Soekarno Masih Hidup
Ende, kota kecil yang tidak mau melepaskan sejarahnya dari peletakan landasan negara yang menyebut diri Indonesia , sebuah kota kecil yang kecintaannya pada Soekarno mungkin melebihi kecintaan semua umat termasuk keluarga Soekarno sendiri.

Disini, di Ende ini orang - orang yang datang dapat melihat Soekarno hadir di rumah tua tempat ia dulu di asingkan atau di sebuah taman yang di sebut taman permenungan Bung Karno, tetapi orang orang yang tinggal untuk waktu cukup lama, hanya tiga bulan saja, dapat melihat Soekarno masih tetap hidup di dalam diri orang orang Ende, Soekarno ada di obrolan segelas kopi dan pisang goreng, Soekarno ada di dalam diskusi diskusi serius generasi mudanya, Soekarno ada di dalam buku - buku yang mereka tulis. 

Ende adalah kota yang menuliskan nama Soekarno di denyut nadi para pelanjut pejuangnya, Soekarno bukan hanya pemimpin negara, Soekarno menjelma menjadi pahlawan dalam dongeng - dongeng, dalam cerita - cerita heroik tentang bangsa ini , disini, di Ende. 




Senja Sejuta Pesona di Sejuta Pantai

Kadang, ketika sore datang dan tugas tak kunjung selesai, aku menghabiskan waktu bersama teman - teman menunggui matahari membenamkan diri di bibir pantai Ende, kami mendapati begitu macam bentuk pantai yang indah dengan satu ciri khas, di sini senja di isi dengan becumbu dengan pantai; bermain dengan airnya, lumutnya atau kenangannya.







Gunung Meja
Ada satu gunung yang terkenal di Ende, namanya Gunung Meja, sebuah dongeng menceritakan bahwa gunung meja adalah kekasih yang kepala nya dipenggal atas nama cinta, dari sudut manapun di kota kecil di ende ini, gunung ini akan tetap terlihat. Bahkan ketika pesawat mendarat di Ende, pemandangan awal yang di lihat adalah gunung Meja.




Demikianlah sedikit dari sejuta pesona Ende.

Tidak ada komentar: