15 Februari 2008

This is Heaven Part 2

Banyak hal aneh (mungkin biasa) yang terjadi di tanah subur dengan laut yang indah ini,
Kenapa 20 tahun yang lalu saat aku pertama kali mencicipi tanahnya di lidah, rakyatnya masih menjadikan jagung titi sebagai makanan pokok tapi sekarang beralih ke beras?
Kenapa di Pulau yang hijau biru ini rakyatnya miskin? Padahal tanaman musim panas, laut dan pernak pernik budaya leluhurnya dapat menjadikannya sebagai surga seutuhnya.
Kenapa dengan menjadi Indonesia Bagian Timur berarti menjadi miskin pendidikan dan informasi?
Kenapa pulau-pulau kecil disekitarnya bisa dimiliki oleh orang asing?
Kenapa di pesisir pantai pulau ini, tepat di pintu masuk kotanya di penuhi dengan pendatang sementara penduduk asli terpinggirkan ke pegunungan?
Tanya ken Apa!

3 komentar:

Sosinus Tadon Aji mengatakan...

Permasalahannya terletak di kenapa semua mereka yang ada di pulau itu tidak berpikir seperti Somi kedane ?

Anonim mengatakan...

rumah adat adonara kaya gimna?
ada artikelnya??
bagaimana dengan perkembangan arsitektur d adonara?

Petronela Somi Kedan mengatakan...

dear anonim,
sorry, saya boleh tau kamu siapa?
soal perkembangan arsitektur di adonara saya belum menemukan informasi yang berhubungan dengan itu.
soal rumah adat adonara juga saya belum dapat informasinya.
yang saya tau; coba cek file saya 10 januari 2008 yang berjudul lamaleka, di sudut kiri bawahnya adalah gambar model rumah yang paling lama/tradisional (kemungkinan, ini adalah gambar rumah adatnya, tapi itu belum pasti lo.
Salam
Terimakasih